Sosial media saat ini merupakan tempat beriklan digital yang sangat efektif dengan biaya yang sangat hemat, hampir pasti target audiens iklan bisnis kamu menggunakannya karena pengguna sosial media yang semakin banyak. Jika kita perhatikan saat ini sosial media banyak memanjakan penggunanya dengan elemen foto dan video di newsfeed, timeline, explore di sosial media anda.

Didalam display advertising, selain tulisan, foto dan video merupakan salah satu penentu iklan kamu bersama ASCOPE akan semakin menarik atau tidak bagi audiens. Tentunya untuk lebih mudahnya pilih paket launching promosi free desain yang telah disediakan oleh tim desain ASCOPE.

Berikut ini ASCOPE kasih tips bagaimana caranya agar video dan foto iklan kamu lebih menarik

  1. FOTO
    1. Pastikan dimensi yang digunakan sudah sesuai standar ASCOPE.
      • Pada dasarnya dalam beriklan kamu bisa meng-upload gambar dengan dimensi berapapun ke sosial media karena secara otomatis akan disesuaikan dimensi nya oleh sosial media yang kamu pilih untuk beriklan dengan ASCOPE.
      • Akan tetapi, supaya foto kamu terlihat lebih maksimal dan muncul sesuai dengan apa yang kamu inginkan, kamu perlu sesuaikan dengan standar yang ASCOPE berikan supaya iklan kamu bisa maksimal.
    2. Siapkan Background atau Mini Studio
      • Siapkan background atau backdrop foto dengan warna polos atau warna natural seperti pastel atau putih. Kelebihan memakai background dengan warna putih adalah untuk menonjolkan detail dan memberikan kesan cerah untuk produk anda. Mini studio sangat cocok untuk fotografi karena tidak memakan banyak ruang sehingga bisa disimpan dengan mudah, biasanya mini studio digunakan untuk memotret produk yang lebih kecil dan dilengkapi dengan LED light dan beberapa pilihan background foto.
    3. Pencahayaan yang cukup
      • Untuk hasil foto yang lebih maksimal gunakan pencahayaan alami dari sinar matahari, bisa dari arah jendela atau pintu yang terbuka untuk menambah kesan aestethic. Cahaya alami atau matahari adalah pilihan tepat untuk fotografi produk karena sifat cahayanya yang lembut dan lebih tersebar. Tetapi, jika kamu terpaksa harus mengambil foto di dalam ruangan, usahakan untuk mencari ruangan yang terpapar sinar matahari, tidak ada salahnya kita menggunakan lampu tambahan seperti flash maupun lampu studio. 
    4. Sudut Pengambilan
      • Sebuah produk biasanya akan terlihat menarik ketika kita bisa mengambil foto dari sudut-sudut tertentu. usahakan untuk mengambil foto beberapa kali dengan sudut yang berbeda-beda, agar kita bisa menemukan sudut terbaik untuk mengambil foto produk berikutnya, jangan hanya terpaku di satu sisi saja. Seringkali pemasar produk menampilkan bagian depan produk, padahal tidak menutup kemungkinan akan terlihat lebih baik dengan sudut yang berbeda.
    5. Editing
      • Setelah pengambilan foto selesai, proses yang tidak kalah penting adalah editing. Pemeriksaan foto setelah pemotretan memberikan kita kesempatan untuk meningkatkan kualitas foto kita. Apalagi ketika proses pemotretan kita membuat kesalahan kecil, dapat kita edit menggunakan software yang tepat.
      • Adobe Photoshop dan Lightroom merupakan contoh software yang dapat digunakan untuk mengedit foto yang kita ambil, banyak sekali tools yang dapat kita gunakan supaya foto lebih bersinar dan menarik ketika dilihat oleh audiens saat kamu beriklan bersama ASCOPE.
  2. VIDEO
    1. Buat Skenario Video
      • Skenario adalah panduan atau blueprints dalam pembuatan video yang menggunakan bahasa visual atau dengan menggambar adegan per adegan yang akan direkam lengkap dengan penjelasan mendalam mengenai blocking, ekspresi, dan dialog masing-masing karakter.. Konten video sebaiknya tidak menceritakan tentang bisnis Anda sendiri, melainkan lebih mengarah pada apa yang akan ditunjukkan kepada penonton agar tidak terkesan hard selling.
    2. Gunakan waktu 15-30 detik awal
      • Biasanya ketika kamu beriklan bersama ASCOPE, audiens akan menghabiskan waktu 15 detik dan maksimal 30 detik. Usahakan untuk membuat cerita yang menarik dan menjual tetapi jangan terlalu fokus kepada penjualannya saja. Karena audiens akan merasa sadar bahwa itu untuk promosi, sebuah iklan yang baik adalah yang bisa membuat audiens merasa kalau itu bukanlah iklan sehingga audiens menikmati kontennya dan secara tidak sadar akan merasa engage terhadap produknya.
    3. Menggunakan Peralatan yang tepat Sesuai Budget
      • Kamera serta Lighting Kit merupakan aspek penting, Karena output video dan pencahayaan akan berpengaruh kedalam pembuatan iklan.
      • Mikrofon yang Berkualitas, Jika kamu pernah melihat iklan video asal-asalan yang buruk walaupun kontennya menarik, audiens yang melihat dan mendengar pasti merasa kurang puas dan tidak tertarik. Maka dari itu untuk menambah kualitas suara dalam video kamu, gunakanlah mikrofon yang berkualitas.
      • Tripod video iklan yang kamu buat harus stabil dan jelas, jadi perlu adanya tripod supaya kualitas video tidak terlalu buruk dan fokus terhadap konten yang kamu buat.
    4. Mengembangkan Tema atau Format yang konsisten
      • Bagus untuk memiliki tema atau konsep dan pesan untuk konten iklan kamu, jika kamu merasa kurang pede untuk menentukan konsep kamu bisa loh hubungi tim ASCOPE untuk berkonsultasi. Sebagai contoh bisnis atau influencer yang menggunakan tema konsisten adalah BuzzFeed Tasty, mereka membuat konten berupa resep makanan atau minuman tetapi juga softselling terhadap produk atau tools dapur yang mereka pakai. Sehingga. Videonya mudah ditangkap dan cepat menjadi content yang mengedukasi, mendorong brand awareness, dan fokus pada share.

Menggunakan video dan foto untuk memasarkan bisnis adalah bagian dari strategi marketing di social media. Dan manfaatkan tren video/foto di tahun ini untuk mengembangkan bisnis kamu menjadi lebih besar lagi! Jika kamu mempunyai kesulitan dalam membuat atau mendesign nya, jangan khawatir! paket launching promosi free desain telah disediakan oleh tim ASCOPE. Hubungi kami ya untuk konsultasi, ASCOPE siap membantu kamu mengembangkan bisnis mu!

Related Post

Leave a Comment

Copyright © 2020 by Ascope

Produk & Layanan

Facebook Ads

Google Ads

TikTok

Programmatic